Daftar RSS Kami
Terima update dengan segera setiap ada posting.

Berisi kumpulan doa, tatacara berpuasa, shalat, dan berhaji/umrah.
Juga artikel, berita, dan agenda kegiatan Islami.

Desain Ulang Ukuran Sajadah

2011-06-24,

Sajadah merupakan alas untuk sholat yang digunakan oleh hampir setiap muslim untuk sholat. Tetapi jarang yang memperhatikan tentang ukuran dari sajadah yang harus dibeli.

Desain dan bahan sajadah lebih banyak menjadi pertimbangan pada saat membeli, bukan pada ukuran dari sajadahnya. Padahal ukuran sajadah akan menentukan kesempurnaan dari gerakan shalat yang kita lakukan.

Ukuran panjang sajadah, sebaiknya dipilih yang ukurannya lebih panjang, karena pada saat sujud, maka harus ada ruang di bawah perut, yang memungkinkan anak kambing untuk lewat. Jika terlalu pendek, maka pada saat kita sujud, maka tidak akan ada ruang di bawah perut.

Lebar sajadah tidak menjadi masalah, jika kita shalat sendiri (munfarid); tetapi jika digunakan untuk berjamaah, maka akan menjadi masalah. Mengapa? Karena barisan jamaah shalat menjadi renggang-renggang; padahal kerapatan barisan merupakan salah satu kesempurnaan dari shalat berjamaah. Jadi, ukuran sajadah yang digunakan atau dibawa, sebaiknya sesuai dengan ukuran lebar badan dari setiap jamaah.Lebar sajadah, secara teori akan sama dengan lebar bahu dari setiap orang.

Ukuran panjang dan lebar sajadah akan menjadi lebih diabaikan oleh jamaah sholat berjamaah, apabila para jamaah tidak memiliki bekal untuk membentuk barisan yang lurus dan rapat saat shalat berjamaah.

Pada mesjid dan mushala yang menyediakan sajadah, apalagi menggunakan sajadah yang terpisah-pisah. Kesempuranaan barisan saat shalat berjamaah akan semakin terabaikan; jika imam dan jamaah tidak saling mengingatkan akan kerapian dan kerapatan barisan.

Melalui tulisan ini, semoga imam dan jamaah dapat saling merapikan dan merapatkan barisan saat shalat berjamaah, tanpa harus melihat dan memaksakan diri untuk menempati sajadahnya sendiri.

 

 

Menu Kami

 

Google Page Rank : Page Rank Check

 

BlogRoll

 

Cari

tentang kami

Belajar merupakan proses yang tidak pernah berhenti. Kami mencoba menyampaikan apa yang dipelajari, untuk dapat dipelajari juga oleh yang lain.

Beberapa hasil kerja kami, coba juga disajikan dalam web ini, untuk bisa digunakan, sehingga bisa mempercepat kerja atau pun sebagai bahan acuan untuk pekerjaan pembaca yang mirip.

ibadah.info

Berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan, itulah yang diinginkan. Ilmu dan harta yang kita miliki, tidak akan dapat dinikmati dan dibawa mati. Karenanya bagikanlah, agar yang lain dapat merasakan juga, semoga akan menjadikan ilmu dan harta yang kita miliki menjadi jauh lebih bermanfaat.

galeri gambar