Daftar RSS Kami
Terima update dengan segera setiap ada posting.

Berisi kumpulan doa, tatacara berpuasa, shalat, dan berhaji/umrah.
Juga artikel, berita, dan agenda kegiatan Islami.

Jangan Lupa Baca Alhamdulillah Setelah Bersin

2011-07-15,

Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk memanjatkan doa setelah kita bersin atau berbangkis. Jika kita mendengar ada orang yang bersin, kemudian mengucapkan hamdalah, maka kita memberikan doa kepada orang tersebut; orang yang bersin jika mendengar ada yang mendoakannya, maka akan membalas doa juga; seperti yang diajarkan Rasulullah.

Secara tidak langsung, kaum muslimin diperintahkan untuk saling mendoakan, saat ada seorang muslim yang mengucapkan hamdalah setelah bersin.

Banyak orang yang menganggap remeh saat bersin atau berbangkis; tidak membaca hamdalah. Kita perlu membiasakan untuk mulai membaca hamdalah dan membalas doa jika ada yang mendoakan setelah kita membaca hamdalah.

Berikut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari RA :

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda : "Sesungguhnya Allah SWT menyukai bersin dan membenci menguap. Jika salah seoarang dari kalian bersin, maka hendaklah ia menucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah SWT)'. Bagi kaum muslimin yang mendengar pujian tersebut hendaknya mengatakan 'Yarhamukallah (Semoga Allah SWT memberimu rahmat)', sedangkan menguap merupakan pekerjaan setan. Jika salah seorang dari kalian hendak menguap, maka sebisa mungkin hendaklah ia tahan. Sesungguhnya jika salah seorang dari kalian menguap, maka setan akan mentertawakannya."

Masih dalam riwayat Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan 'Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)' dan saudaranya atau orang yang bersamanya mengatakan kepadanya 'Yarhamukallah (Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu)'. Jika salah seorang mengucapkan 'Yarhamukallah', maka orang yang bersin tersebut hendaklah menjawab 'Yahdiikumullah wayushlih baalakum (Semoga Allah SWT memberikanmu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu)."

Berikut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim RA:

Abu Musa Al Asy'ari RA mendengar Rasululah SAW bersabda : "Jika salah seorang dari kalian bersin, maka hendaklah ia membaca 'Alhamdulillah (segala puji bagi Allah)', dan hendaklah kalian bertasymit (mengucapkan yarhamukallah). Jika yang bersin tidak mengucapkan pujian kepada Allah, maka janganlah kalian bertasymit." (HR Muslim)

Jadi, setiap muslim, setelah bersin atau berbangkis, disarankan untuk mengucapkan alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Seorang muslim lainnya, yang mendengar muslim yang mengucap hamdalah setelah bersin atau berbangkis, wajib untuk memberikan doa sebagai berikut yarhamukallah (Semoga Allah merahmatimu).

Muslim yang bersin, setelah mendengar doa dari muslim lainnya, membalas dengan doa  yahdikumullah (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu) atau  yahdikumullahu wayushlihu baalakum (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).

Fakta tentang bersin

  • Bersin merupakan respon tubuh kita yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak bakteri atau kelebihan cairan yang masuk. 
  • Bersin akan memejamkan mata secara otomatis, karena syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata itu sebenarnya saling bertautan. Hal ini untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.
  • Bersin akan menghentikan kerja jantung kita, berhenti satu milisecond.
  • Bersin memiliki tekanan yang terlalu keras dapat mematahkan tulang iga, memutuskan pembuluh darah di kepala atau leher dan mengakibatkan kematian. Jadi hati-hatilah!
  • Jika ada yang bersin sampe lebih dari 5 atau 6 kali dalam sekali bersin, coba periksakan ke dokter.. mungkin mengidap alergi atau gejala sinusitis

 

 

Menu Kami

 

Google Page Rank : Page Rank Check

 

BlogRoll

 

Cari

tentang kami

Belajar merupakan proses yang tidak pernah berhenti. Kami mencoba menyampaikan apa yang dipelajari, untuk dapat dipelajari juga oleh yang lain.

Beberapa hasil kerja kami, coba juga disajikan dalam web ini, untuk bisa digunakan, sehingga bisa mempercepat kerja atau pun sebagai bahan acuan untuk pekerjaan pembaca yang mirip.

ibadah.info

Berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan, itulah yang diinginkan. Ilmu dan harta yang kita miliki, tidak akan dapat dinikmati dan dibawa mati. Karenanya bagikanlah, agar yang lain dapat merasakan juga, semoga akan menjadikan ilmu dan harta yang kita miliki menjadi jauh lebih bermanfaat.

galeri gambar